Pj Ketua TP PKK Kab Kampar Ricana Hambali Kunjungi Posyandu Melati

Pj Ketua TP PKK Kab Kampar Ricana Hambali Kunjungi Posyandu Melati

Bangkinang Kota, Pj Ketua TPP PKK Kabupaten Kampar, Ricana Djayanti Hambali yang juga merupakan Pembina Posyandu Kabupaten Kampar, bersama Camat Bangkinang Kota Minda, Kepala Puskesmas Bangkinang Kota dr. Yudi dan Ketua Pokja IV dr. Elvi kunjungi Posyandu Melati Kelurahan Langgini Kecamatan Bangkinang Kota pada Kamis (3/10).

Kegiatan ini dilakukannya sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap kesejahteraan masyarakat, khususnya dalam upaya memperkuat peran posyandu di berbagai bidang. Kegiatan ini juga mengacu pada Rakornas Posyandu Tahun 2024 beberapa waktu lalu, tentang transformasi Posyandu sebagvai lembaga kemasyarakatan desa untuk kesejahteraan masyarakat, sehingga perlu disosialisasikannya tentang rencana induk posyandu, langkah strategis dan tekhmik prngelolaan posyandu agar lebih baik. Dan apa yang dilakukan Ricana juga mengacu pada hasil rapat koordinasi optimalisasi pemenuhan layanan dasar bagi masyarakat yamg diselenggarakan oleh TP PKK Provinsi Riau.

Dalam pengarahannya dihadapan Camat Bangkinang Kota, Kepala Puskesmas Bangkinang Kota dan pengelola Posyandu Melati,  Ricana Hambali menekankan bahwa Posyandu harus mampu menjalankan 6 Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Standar ini mencakup bidang pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum, perumahan dan pemukiman, sosial, serta ketertiban umum dan perlindungan masyarakat. Menurutnya, posyandu tidak hanya berperan sebagai pusat layanan kesehatan ibu dan anak, tetapi juga sebagai lembaga yang mendukung pembangunan masyarakat di tingkat desa.

“Posyandu adalah lembaga penting di desa yang berfungsi untuk mendata dan menyelesaikan masalah-masalah warga. Harapannya, posyandu bisa terus bekerja sama dengan berbagai pihak, mulai dari pemerintah desa hingga kabupaten, sehingga pelayanan yang diberikan lebih efektif,” ujar Ricana.(advertorial)

#Kampar