Perkuat Timnas U-16 di AFF, Pelatih Muhamad Al Gazani di SSB Merah Putih Mengaku Bangga

Perkuat Timnas U-16 di AFF, Pelatih Muhamad Al Gazani di SSB Merah Putih Mengaku Bangga
kiri foto: Muhammad Al Gazani

KAMPAR - PSSI akhirnya mengumumkan daftar pemain Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16 yang akan tampil di Piala AFF U-16 2024. Pelatih Timnas Indonesia U-16 yang juga asisten pelatih Shin Tae-yong di Timnas senior, Nova Arianto, telah memilih 23 pemain terbaik untuk mempertahankan status juara Piala AFF U-16 tersebut.

Dari 23 pemain yang diumumkan PSSI, ada salah satu nama pemain yang begitu membanggakan Kabupaten Kampar yaitu Muhammad Al Gazani. Hal itu disampaikan pelatih tim sepakbola Merah Putih FC Nur Adlin, Jum'at (21/06/2024).

Nur Adlin yang akrab disapa Pak Olin itu menyebut bahwa Muhammad Al Gazani merupakan salah satu anak asuhnya yang begitu istimewa dan turut membesarkan nama Merah Putih di persepakbolaan Riau. 

"Alhamdulillah kita mendapat kabar baik, ada putra Bangkinang Muhammad Al Gazani yang pernah menimba ilmu sepakbolanya di tim Merah Putih menjadi salah satu dari 23 nama yang dipilih memperkuat timnas U-16 di piala AFF. Apalagi Muhammad Al Gazani ini pemain yang serba bisa diletakkan diposisi manapun," terang Pak Olin.

Berdasarkan informasi Pak Olin, Muhammad Al Gazani sewaktu masih belia telah menggeluti dunia sepakbola dan sempat bersekolah di SDN 012 Langgini semenjak kelas satu hingga kelas 5 sebelum pindah ke Jakarta mengikuti orang tuanya.

Sebagai mantan pelatihnya di SSB Merah Putih, Pak Olin tak bisa menutupi rasa bahagia dan bangganya terhadap prestasi yang ditorehkan Muhammad Al Gazani yang disapa Gaza itu.

"Kita secara pribadi bersyukur dan tentu saja bangga, selain Gaza pernah menimba ilmunya di SSB Merah Putih juga sudah kita anggap sebagai anak sendiri seperti anak-anak Merah Putih lainnya," ungkapnya.

Ditegaskan Pak Olin, keberhasilan Gaza ini tentu merupakan kesempatan emas yang takkan datang dua kali, dan ia berharap momentum ini bisa dimanfaatkan dengan maksimal.

"Tidak banyak anak bangsa yang bisa dan berkesempatan bermain di Timnas U-16. Kemarin kita juga pernah memiliki talenta muda dari Bangkinang di Timnas  U-16 di zaman coach Fahkri Husaini yang bernama Fadillah Nur Rahman," sebutnya.

Fadillah Nur Rahman pernah membela SMP 1 N Bangkinang bersama anak anak yang lain dari Kampar dan berhasil menjadi juara di Piala Gubernur Riau road to Piala Presiden.

"Keberhasilan Fadillah Nur Rahman itu menjadi batu loncatan yang kini bermain di Madura United dan sekarang muncul kembali talenta muda baru yang bernama Gaza. Kita akan selalu mendoakan agar dapat mengharumkan nama bangsa diajang internasional," pungkasnya.

Berkaca dari keberhasilan Gaza dan Fadillah Nur Rahman, Pak Olin menghimbau talenta muda di Kampar dapat termotivasi untuk terus memompa semangat diri menunjukkan kemampuan sepakbolanya agar terus diasah.

"Kita harap ada Gaza lainnya, ada Fadillah Nur Rahman lainnya bermunculan. Ada nama mereka di Timnas U-16 agar menjadi motivasi generasi sepakbola Kampar dan Riau, bahwa perjuangan jangan pernah henti dan teruslah menimba ilmu. Gapai cita-cita, buatlah orang tuamu dan bangsa ini bergemuruh rasa bangganya," tuturnya.

Piala AFF U-16 2024 sendiri berlangsung pada 21 Juni hingga 4 Juli 2024. Karena berstatus tuan rumah, Timnas Indonesia U-16 dipastikan tergabung di Grup A. Nantinya Garuda Asia akan melawan Laos U-16, Singapura U-16, dan Filipina U-16 di Grup A Piala AFF U-16 2024 tersebut.(FLS)

#Kampar